Kamis, 19 November 2015

Rahasia Kecerdasan Imam Al-Ghazali Yang Jarang Terungkap

Jika kita ingin menjadi orang yang cerdas, silahkan tiru Ibnu Sina. Orang cerdas menurut Islam yaitu jika dirinya mendapatkan sebuah masalah cepat-cepat menghadap Allah swt. Ibnu Sina kalau tidak paham pada suatu masalah, beliau langsung datang ke masjid untuk mendirikan shalat sunnah dan minta kepada Allah swt.

Rahasia Kecerdasan Imam Al-Ghazali

Disamping meminta kepada Allah swt., rahasia bagi orang yang ingin cerdas selanjutnya yaitu suka bersedekah. Kalau ingin cerdas harus rajin bersedekah. Insya Allah akan dijadikan Allah menjadi orang yang cerdas. Hal ini merupakan beberapa rahasia kecerdasan Ibnu Sina. Selain Ibnu Sina, ada juga rahasia kecerdasan ulama besar (Hujjatul Islam) Imam Ghazali. Suatu ketika, Imam Ghazali sedang menunaikan shalat bersama adiknya. Sang adik melihat banyak darah bercecer di sekitar sajadah Imam Ghazali Waktu itu, Imam Ghazali kaget kenapa adiknya sampai bisa melihat ada banyak darah di sekitar sajadah kakaknya. Ternyata, saat sedang melaksanakan shalat, Imam Ghazali sepintas memikirkan tentang masalah haid. Hal inilah yang membuat Imam Ghazali semakin penasaran kepada adiknya. Beliau pun ingin tahu, siapa guru adiknya itu sampai ia bisa mengetahui apa yang sedang dipikirkannya sewaktu shalat. Ketika Imam Ghazali berguru sama seorang tukang sol sepatu yang tidak lain adalah guru dari adik Imam Ghazali. Dia kemudian mendapatkan perintah untuk membersihkan halaman madrasah, namun tidak boleh menggunakan sapu melainkan harus memakai tangan. Dengan ketaatan kepada gurunya itu, Imam Ghazali pun melaksanakan dengan ikhlas perintah gurunya tersebut. Setelah berguru dan selesai menjalankan tugas. Imam Ghazali akhirnya dinyatakan memiliki ilmu laduni (pemberian langsung dari Allah). Kemudian beliau melakukan tirakat sujud di Masjid Al-Munawarah Madinah dan Masjidil Haram Makkah. Di dua Masjid itulah, Allah swt. memberi ilmu laduni kepadanya. Setelah perjalanan spiritual di dua Masjid itu, karya-karyanya lebih berbobot dari karya-karya sebelumnya.

Rahasia Kecerdasan Imam Al-Ghazali Yang Bisa Kita Tiru

Singkatnya, bahwa jika ingin menjadi orang yang cerdas dan mendapatkan ilmu manfaat haruslah taat kepada guru. Jangan sampai membenci gurunya karena berbeda pandangan ataupun pemikiran, lebih-lebih sampai memusuhi gurunya. Meskipun orang itu cerdas, tapi kalau masih berani (tidak hormat) kepada guru atau kyainya, nanti Allah swt. akan mencabut ilmu-ilmunya dengan perlahan maupun spontan. Jadilah orang yang tawadhu' (rendah hati). Jangan menyombongkan diri karena memiliki banyak ilmu. Contohlah Imam Ghazali, walaupun sudah mendapatkan ilmu laduni tapi beliau setiap hari masih suka membersihkan toilet masjid. Itulah kurang lebih cerita dari kisah Imam Ghazali tentang rahasia kecerdasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar