Kamis, 19 November 2015

Ini Dia 3 Golongan Orang Berilmu


Tahukah teman-teman ada beberapa golongan orang berilmu. Diantaranya kita mungkin sudah tahu dengan bahasan ini. Namun tidak ada salahnya dibahas ya..hehe Janji Allah sangat besar terhadap orang-orang yang mencari ilmu. Dengan janji akan menaikan derajat lebih tinggi kepada mereka. Dan banyak sekali keutamaan-keutamaan mencari ilmunya yang sangat banyak dibahas.

3 Golongan Orang Berilmu

Pertama, golongan orang-orang yang mencari atau tokoh yang menyebarkan ilmu agama dengan niat sebagai bekal menuju akhirat. Mereka tidak bertujuan apa pun kecuali mencari ridha Allah swt. dan kebahagiaan di akhirat. Golongan ini adalah yang paling beruntung di antara golongan yang lain. Kedua, golongan orang-orang yang mencari atau menyebarkan ilmu agama sebagai alat meraih kesenangan duniawi, mendapatkan kemuliaan (dunia), pujian manusia serta untuk mendapatkan kedudukan (jabatan), harta dan kemewahan. Namun, terkadang mereka sempat memperbaiki dirinya (bertobat) dan mengubah niatnya.

Golongan Orang Berilmu yang dimuliakan Allah

Ketiga, golongan orang-orang yang mencari atau menyebarkan ilmu agama dengan niat menumpuk-numpuk harta benda, menyombongkan diri dan mengejar kedudukan (pangkat/status sosial). Mereka merasa paling hebat karena banyaknya pengikut (santri) serta memperalat ilmunya untuk meraih setiap tujuan duniawi. Sementara dengan semua kesalahan dan keburukan itu, mereka merasa memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah swt. Karena, mereka merasa berpakaian dengan pakaian ulama dan bergaya dengan gaya ulama, baik di dalam ucapan maupun formalitas, ditambah lagi dengan kegilaan mereka kepada dunia yang fana. Secara dhahir maupun batin, dalam sudut pandang apa pun, golongan ini adalah golongan orang-orang celaka dan bodoh yang tertipu dengan perasaan bangga kepada diri sendiri. Golongan ini harapan tobatnya telah terputus, karena mereka tidak merasa bersalah bahkan mereka berprasangka bahwa mereka adalah orang-orang yang telah berbuat kebaikan. Mereka juga termasuk golongan ulama suu’ (ulama yang buruk) yang dikhawatirkan bahayanya oleh Nabi saw. Itulah golongan orang-orang yang mencari Ilmu. Semoga memberikan pencerahan untuk teman-teman asemua bahwa mencari ilmu sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar